Kamis, 25 April 2013

Awal Berdirinya Kopassus


Tanggal 16 april yang lalu Negara ini baru saja ngerayain ultah Kopassus. Kalian pasti tau kan kopassus?? Itu tuh yang kemaren tuh paling sering nongol di TV nasional karena aksi nya yang terkenal di LP Cebongan. Kayak di film-film holywood gitu. Banyak masyarakat yang pro dan kontra dengan kejadian atau pun menurut ane sih Tragedi berdarah itu, dan ending nya 11 anggota kopassus pun resmi dijadikan tersangka.


"Amponn omm bukan aneee"
Nah kali ini, ane pingin berbagi info tentang sejarah kopassus. Di balik kejadian-kejadian memalukan yang sempat mencoret nama korps baret merah ini, banyak juga prestasi membanggakan yang mereka torehkan, baik dalam lingkup nasional maupun internasional.




AWAL BERDIRI NYA KOPASSUS.

Terbentuknya kopassus tidak lepas dari berbagai pemberontakan dan separatisme yang dulunya sering terjadi di awal kemerdekaan Indonesia. Saat itu Kolonel Slamet Riyadi menyampaikan gagasan untuk membuat satuan khusus yang mempunyai kemampuan tempur luar biasa.

Hal ini kemudian didiskusikan dengan kolonel Alex E Kawilarang. Namun sayang, Kolonel Slamet Riyadi gugur dalam sebuah pertempuran di Ambon sebelum berhasil mewujudkan mimpi nya.

Kol. Alex E. Kawilarang

Kolonel Alex Kawilarang pun berusaha untuk meneruskan impian Kolonel Slamet Riyadi, ia menunjuk Rokus Bernadus Visser, seorang mantan tentara belanda yang menjadi warga Negara Indonesia dan merubah nama nya menjadi Mochammad Idjon Djanbi. Dia adalah mantan tentara KNIL, jabatan terakhirnya adalah Komandan sekolah terjun paying KNIL di Cimahi. Pengalamannya selama menjadi prajurit Spesiale Troopen membuatnya menjadi prajurit yang memiliki kemampuan tempur yang baik.

Hal ini lah yang membuat Kolonel Alex Kawilarang menunjuknya untuk memimpin dan melatih serta merombak pasukan khusus yang sebelumnya sudah dibentuk oleh Kolonel Kawilarang yang bernama Kesatuan Komando Tentara Territorium III/Siliwangi (Kesko TT) pada tanggal 15 april 1952.

Setelah menyanggupi permintaan Kolonel Alex Kawilarang, kemudian Idjon Djanbi menjadi anggota TNI dengan pangkat Mayor dan mulai memilih perwira-perwira terbaik untuk dilatih menjadi anggota Kesko TT yang mempunyai kemampuan tempur seperti layaknya anggota Speciale Troopen, pasukan yang pernah dipimpin oleh Idjon Djanbi sewaktu masih bergabung dalam tentara RMS.

Setelah mendapatkan sekompi perwira-perwira terpilih ditambah dengan anggota-anggota lama Kesko TT, mulailah Idjon Djanbi melatih perwira-perwira tersebut dengan berbagai kemampuan tempur baik secara individu maupun kelompok, kemampuan evakuasi, dan kemampuan-kemampuan lainnya yang harus dimiliki oleh layaknya anggota sebuah pasukan khusus.

Idjon Djanbi

Nah, pada saat itulah kopassus diresmikan oleh AH. Nasution dan hanya 6 bulan berada di bawah Kesko TT III Siliwangi sebelum akhirnya diambil alih oleh AD. Baretnya pun bewarna merah, karena memang mengambil alih konsep pasukan belanda “Red Baret”.

Mengenai warna baret ini, perlu kita ketahui bersama bahwa seluruh pasukan khusus di dunia menggunakan warna hijau, sedangkan pasukan udara nya menggunakan warna merah. Tapi di Indonesia terbalik, justru pasukan khususnya yang bewarna merah.

Disinilah keren nya Indonesia gan, doyan tampil beda gitu. Ane mah masih bersyukur, bayangkan aja kalau baret nya warna merah muda gitu, kopassus bisa berubah nama jadi “kopancong”, amit amit dah ….


PRESTASI KOPASSUS

Ane yakin gan, kalian semua pasti tau prestasi-prestasi yang ditorehkan kopassus. Jadi, ane tambah sedikit untuk menambah wawasan kita tentang pasukan khusus yang kita banggain ini.

1.  Kalian semua pasti tau Xanana Gusmao kan?? Itu tuh orang pertama fretilin setelah Nikolaus Lobato yang tertembak mati. Jangan bilang kalau agan kagak tau apa itu fretilin?? Ane saranin googling aja dah. Nah, penangkapan Xanana Gusmao itu melibatkan kopassus. Gini nih kronologis kejadiannya. 

Jum’at itu rupanya hari nahas bagi Xanana. Pemimpin gerilyawan yang konon bisa menghilang dan berubah rupa itu bangun tidur pukul 6 pagi. Xanana baru saja selesai mandi, tatkala pasukan baret merah menggertak : “Buka pintu”. Xanana menguak pintu seraya mengacungkan pistol. Namun, belum sempat pistolnya menyalak, beberapa laras M-16 disorongkan ke wajahnya. Xanana menyerah.

2.  Kopassus ternyata menjadi inspirasi bagi para Vietkong pada saat perang Vietnam. Strategi kopassus dalam perang bergerilya digunakan oleh para Vietkong untuk mengusir tentara Amerika yang mempunyai peralatan canggih dan lengkap. Hasil nya, Amerika mengalami kekalahan telak dalam perang Vietnam dan ini membuat malu Amerika Serikat di mata dunia.

3.  Kopassus terlibat dalam aksi pembebasan sandera dalam pesawat Garuda Airline “Woyla” yang dibajak oleh segerombolan teroris di Bandara Don Muang, Bangkok. Unit antiteror yang saat itu baru dibentuk oleh Kopassandha (nama kopassus pada saat itu) segera diterjunkan di bawah pimpinan Letkol Inf. Sintong Pandjaitan, serta diawasi langsung oleh (alm) Mayor Jenderal Benny Moerdani. Dan hasilnya, seluruh pembajak tewas dengan waktu yang sangat singkat, serta gugurnya salah satu anggota kopassus dan satu penumpang.

4.   Dan ini yang paling ane sukai dari prestasi kopassus yang lain. Kopassus menang dalam sebuah misi yang berhadapan langsung dengan SAS dan Gurkha di Kalimantan pada saat konfrontasi dengan Malaysia. Dalam sebuah pertempuran di Kampung Sakilkilo tanggal 10 juli 1964, tercatat Tentara Nasional Kalimantan Utara (TNKU) yang sebagian besarnya adalah anggota pasukan elite Indonesia mampu meraih kemenangan gemilang. Saat itu dua peleton Gurkha melawan satu peleton TNKU. Dalam serangan tersebut, TNKU berhasil menewaskan 20 orang Gurkha tanpa satupun korban jatuh dari pihak TNKU.


Ini beberapa hal yang membuat ane bangga kalau Negara kita punya pasukan khusus yang disegani dunia. Tanpa dimodali dengan peralatan yang canggih dan lengkap, pasukan khusus kita ini mampu menjadi pasukan elit nomor 3 di dunia di bawah SAS dan Sayeret Matkal miliknya Israel. Bayangkan saja kalau pasukan ini dimodali dengan peralatan yang canggih, waaahhh.. bisa jadi pasukan terbaik di bumi nih.

Nah, sampai disini dulu beberapa info yang ane dapat tentang kopassus. Mungkin ada beberapa tambahan dari agan-agan semua, bisa di share ke kolom komentar di bawah ini. Berbagi wawasan lebih baik daripada berbagi…. Aahh, itu lah pokok nya.

Ya udah deh, salam hangat dari Tim Gado buat semuanya ya. See u guys ^_^

Tidak ada komentar:

Posting Komentar